Kamis, 03 Juli 2014

REVIEW STAND UP COMEDY season 4. Let's Make Laugh !!

ID Kaskus : khurniaaa
Regional   : Semarang
Email       : khurniatri@gmail.com
Twitter     : @khurniaaa
Blog         : http://khurnia-bermimpi.blogspot.com 

Selamat malam penduduk kaskus, makan apa kalian hari ini?
Opening trit ini gue sengaja pake khasnya komika asal surabaya tersayang. Yang fenomenal dan tentu dengan jumlah followers terbanyak di twitter. Siapa lagi kalau bukan Dodit Mulyanto. Kenapa harus dodit? Yaa karena aku sayang kalian, kalian sayang gak sih sama akuuu? *lho kok malah hifdzi-__-

Untuk memeriahkan ulang tahunnya, Kompas TV mengadakan lomba review SUCI 4 dari awal hingga grand final nih. Rencananya sih gue ikut, dan rencananya... gue menang. Eittss itu kalimat sombong. Jangan ditiru!!

Stand Up Comedy season 4, ezactly confident..
Let’s make laugh :D

Rasa-rasanya kalimat itu familier banget di telinga. Se familier bau bunga edelweis yang dipungut Dzahwin dan disimpan di dalam celana (?) aduh mama sayangee...
Yapp kalimat yang dicetak bold itu memang jargon andalan acara yang fenomenal ini. maka biar kelihatan akrab, dipamerin dulu nih komika-komika yang terlibat didalamnya. Cekidot!

1. Gita - Medan
2. Praz Teguh – Padang
3. Koji - Bali
4. Liant - Bali
5.  Arif Alfiansyah - Surabaya
6.  Yudith - Surabaya
7. Dodit Mulyanto - Surabaya
8. Abdur Arsyad –Surabaya(The 2nd winner)
9. Bakti - Surabaya
10. Beni - Jogja
11. Yudi - Bandung
12. Dzawin Nur Ikram - Bandung
13. Yudha Khan - Bandung
14.  Sri Rahayu - Bandung
15. Irfan - Jakarta
16.  Yudha Keling - Jakarta
17. David Nur Bianto – Jakarta (The 1st winner)
18. Coki - Jakarta
19. Wendi - Jakarta
20. Hifdzi - Jakarta

Mereka adalah komika-komika terpilih dari Audisi yang dilaksanakan di 7 kota besar se Indonesia. Kota-kota tersebut adalah Medan (16 November 2013), Padang (18 November 2013), Bali (23 November 2013), Surabaya (7 Desember 2013), Yogyakarta (10 Desember 2013), Bandung (14 Desember 2013) dan Jakarta (22 Desember 2013).

dari ke 20 finalis SUCI 4 itu, disaring lagi menjadi 16 finalis. 4 diantaranya dipaksa close mic di babak pre show. mereka tak lain adalah Koji, Bakti, Yui dan Irfan.

Sebelum mengupas satu per satu show nya, alangkah baiknya kita mengenal sejenak element-element yang menambah semarak acara Stand Up Comedy season 4 ini. mulai dari microphone, sound system, vt, ... eh bukan bukan. Bukan itu yang gue maksud. Udah tunggu aja ulasannya. Karena, Tak kenal maka tak sayang kan?

Salah satu element yang paling penting di setiap show adalah juri. Tanpa juri apalah arti SUCI. Begitu juga sebaliknya, tanpa SUCI apalah arti juri. Juri dan SUCI bagai simbiosis mutualisme yang tak bisa dipisahkan. Seperti dodit dengan biolanya, dzahwin dengan sarungnya, david dengan ojeknya, bahkan om indro dengan kompor gasnya. Betul tidak?


Juri-juri SUCI 4 adalah Raditya Dika, Indro Warkop dan Feni Rose. Tak jarang dihadirkan komentator tamu antara lain Jono, Tyson, Rico Ceper dan Bedu yang hadir secara bergantian. Para dewan juri selalu memberikan komentar yang cerdas, lugas, membangun dan yang pasti komporrr gass. Itulah istilah yang selalu dipakai om Indro sebagai pujian bagi para komika.

element berikutnya adalah pembawa acara. Pembawa acara SUCI 4 bukan orang sembarangan. Mereka terpilih karena mereka pantas dipilih. Tengok saja, Di Show ke-1 sampai show ke 9 dibawakan oleh Ernest (Juara 3 Season 1) dan Babe (Juara 1 Season 3). Di show ke 10 sampai dengan show ke 16 dipandu oleh Babe dan Uus (Finalis SUCI 3). Tak jarang banyolan dari mereka yang justru mengocok perut lhoo. Bangganya punya pembawa acara yang serba bisa.
element selanjutnya adalaaaahhh... ah kebanyakan. Sampe ada SUCI 5 juga gak bakal kelar. Cuss langsung ke show nya yaaa. Selamat membaca J

SHOW 1
Di show 1 ini gue belum terlalu kenal sama yang namanya Stand Up Comedy season 4. Tapi tak kenal bukan berarti tak sayang kan?

Betul banget, gue dah sayang SUCI jauh sebelum season 4 ini ada. Karena apa? karena sosok yang begitu menginspirasi bagi saya. Yapp, raditya dika. Jujur, gue gak terlalu merhatiin tuh komika-komika ber stand up malam itu, malem selanjutnya... hm baca aja sampe akhir ya. yang gue tunggu adalah bang radit berkomentar. Rasanya tuh adem, ayem, sejahtera, sentosa, luarrr biasa.
Gue nonton Show 1 ini di rumah, Di depan TV, di channel Kompas TV. Gue bela-belain ngrelain jam malam gue buat ngorok cuma demi ini. tapi gapapalah, cukup menghibur kok. Ralat, sangat menghibur.

Foto? Gaada. Gue bukan anak alay keles yang dirumah hobi selfie. Ya, nonton nonton aja. Kecuali ada yang minta foto, yaaaa ayo wkwk.

Tema untuk SHOW 1 ini ‘awal berkarir ber stand up comedy’. Ke 16 komika menunjukkan kebolehannya di atas panggung. Wow, boleh boleh boleh.

Dan yang harus close mic di show 1 ini adalah... GITA.
Dadaahhh gitaaa :’(((

SHOW 2
Lagi-lagi gue menonton ini di rumah. Masih dengan media dan channel yang sama. Tema SHOW 2 kali ini adalah ‘Musik’. Yaa pikiran gue langsung menuju ke Dodit. Dengan biola yang enggan lepas dari tangan, apakah ia akan memainkannya untuk Dodit Fans Club di seluruh Indonesia. Ups salah dugaanku, ternyata pertunjukkan darinya ini untuk kamu, iya kamu. :*

SHOW ke2 ini penuh kejutan. Ada 2 komika yang berulang tahun dan dikejuti oleh surprise dari Kompas TV. Mereka yaitu Yudha Keling dan Arif. Walahh semangat kaka :’) buat yudha, makin keling ajaaa hehe.

Tak kalah surprise nya dengan Yudha Keling dan Arif. Yudith dan Yuda Khan juga mendapat surprise yang luar biasa. Apakah gerangan? Yapp mereka berdua harus close mic bersamaan malam itu. Sungguh komika yang malang..

Kakak-kakak, jangan bersedih yaaa, keep smile J

SHOW 3
Jangan tanya lagi gue menonton dimana. Jawabannya ya tetap sama, di rumah. Bukan, bukan berarti gue menyerah begitu saja untuk memperjuangin tiket ngelive SUCI 4. Tapi, justru ini gue lakuin karena gue realistis. Rumah gue di Semarang. Gue juga masih sekolah. Jadi, kucukupkan begini saja. toh nonton dimana aja gak ngurangin nikmatnya nonton SUCI 4 kok. Gak percaya? Coba aja.

‘makanan khas’ dipakai sebagai tema Show ke 3. Masing-masing komika membawakan materi mengenai makanan khas domisili mereka masing-masing. Ada david yang memaparkan bit “kue satu” khas betawi yang cukup mengocok perut.

Sayang, makanan khas tak membuat Beni seberuntung teman yang lain. Ia dipaksa angkat kaki dari panggung Stand Up Comedy Indonesia season 4 malam itu juga.

Inilah seuntai kata yang tak terlupakan dari Beni :
"nama saya beni, biasa dipanggil beni" (?)(?)(?)

SHOW 4
Tak perlu gue jelaskan dimana gue menonton show ke 4 ini. pasti kalian tahu jawabannya. Puasss kaliaann!! Puass!!*praz bgt!

Tema di show 4 ini anak muda banget mamen. Hampir semua orang punya. Hayoo apa hayoo. Yaudah deh langsung aja, tema show 4 di SUCI 4 ini adalah ‘Gadget’ . kurang ngeri apa coba.
Yang paling mencolok di Show kali ini tentu aksi si perut enduutt asal Jogja yang lolos audisi di Jakarta. Bukan, bukan karena goyangan perutnya yang cetar itu. Huh untung saja tidak. Tapi ini tentang kejadian atas ulahnya sendiri. berawal dari belibet nyampein materi, berimbas pada salting, ia melontarkan sesuatu yang membuat geli seantero pelosok negeri.

“aku sayang kalian hehehe” begitu kira-kira kata yang diucapkan dengan gaya khas Hifdzi yang entah dari sononya emang kelihatan lucu. Natural. Gemes banget liat hifdzi waktu itu.

Ternyata dewi fortuna masih ada di pihak Hifdzi. Walaupun belibet, ia selamat dari bencana close mic. Ya walaupun satu teman audisi se Jakarta nya menjadi korban. Oke fix, dia lah Wendi. Komika asal lampung ini yang harus pulang pada malam itu.

SHOW 5
Sekali lagi, GUE NONTON DI RUMAH. Kamis malam, Jam 22.00-00.00 WIB kan? tuh kan gue apal sampe di luar kepala. Ya lahh SUCI lovers gitu wkwk.

Ternyata bencana yang sesungguhnya terjadi di show ke 5 ini. raditya dika kehilangan sasaran bully nya. seluruh komika kehilangan sosok yang begitu cetar mempesona. Tema ‘Film’ tak cukup membuat keluarga SUCI happy ending malam itu.

Kenapa? Kenapa?

Tutup telinga anda jika tak ingin guncangan tiba-tiba mengoyak. Dan, yang harus close mic di show ke 5 malam itu adalah ...

Yudha Keling !!!

Seketika tubuh-tubuh mematung. Mata mata yang berbinar kini kehilangan sinarnya dan tertunduk lesu. Sampai jumpa kembali komika kebanggaan. Tanpamu mungkin stok pria tampan akan luluh berantakan. We love youuu Yudha :’((((

SHOW 6
Oh my god. It’s time to datang-pilih-coblos-celupp. Inilah saat yang paling dinanti bagi seluruh masyarakat Indonesia yang berusia 17 tahun atau lebih. pemilu berroo, pesta demokrasi. Lalu, apa hubungan yang demikian itu dengan SUCI 4? Apakah salah seorang dari mereka mencalonkan diri sebagai caleg?

Tidak,tidak,tidak.

‘Pemilu’ turut memeriahkan panggung SUCI 4 sebagai tema SHOW ke 6 ini. saat opening, para komika menyuguhkan penampilan istimewa yang mana merupakan penyemarak pesta demokrasi 5 tahunan ini. Tentang semangat untuk memilih. Lagu ‘Indonesia satu’ menjadi back song gerakan enerjik para komika yang sederhana tetapi sangat membekas di hati para penikmat SUCI 4.

Ternyata pemilu versi SUCI 4 hanya diperuntukkan bagi para pria. Terbukti, Sri Rahayu satu-satunya cewek yang masih eksis di panggung SUCI 4 ini harus rela dideportasi dari koalisi istana balai kartini. Dia harus pulang, dia close mic, oh tidaaaakkkk.

Pulangnya Sri Rahayu membuka harapanku untuk melindungi Raditya Dika dari godaan-godaan genitnya. Itu artinya sainganku berkurang satu. Oh thanks God J

“Selamat malam, ayah dari anak-anakku” kata Sri
“selamat malam, calon istri tukang kebunku” balas mas Radit
Sumpah yang ini gue ngakak! Sri sri ...

Dan untuk kesekian kalinya gue katakan, gue menonton ini di rumah. Finally, Saya khurniaTri Utami selamat malam.

SHOW 7
9 komika tersisa di Show ke 7 ini. Mereka adalah david, abdur, dzahwin, praz, hifdzi, dodit, liant, coki dan arif. Wow istimewa. Se istimewa tema kali ini. tema yang cukup menegangkan. Se tegang anak kelas 3 SMA kala itu. TEPAT, Anda Lulus! Tema show ke 7 ini adalah UJIAN NASIONAL. Wow kurang tegang apa coba.

Kalian tahu, show ke 7 ini merupakan titik dimana kecintaan gue pada SUCI 4 mulai on fire. Semangat penasaran dan keinginan untuk menonton selalu ada. Walaupun, hmm, tahu sendiri kan kalian, gue nontonnya pasti DI RUMAH. Iya, di rumah-__-

Sebenarnya, hal itu dikarenakan oleh 1 orang komika yang entah kenapa selalu memaksa gue buat nonton dia. Dan herannya, gue selalu mau. Gue selalu nyari-nyari kesempatan buat bisa nonton dia, ngetawain dia dan akhirnya cinta mati deh sama dia. Lalu, siapakah dia?

Lagi-lagi orang ini, ehem DODIT MULYANTO :*  si orang jawa yang menjunjung tinggi budaya eropa.

Gue inget banget materinya mengenai kurikulum 2013 yang memuat nilai karakter rendah hati. Ia memberikan suatu contoh ada seorang murid yang bisa menjawab pertanyaan dari gurunya. Dan percakapan mereka lah yang bikin ngakak.

“kamu hebat” puji gurunya.
“ah tidak bu” jawab si murid.
“kamu hebat! Jawaban kamu benar”
“tidak bu, kebenaran hanya milik Tuhan”
Haha, lucu kan? kalo dodit yang ngomong sih keliatan lucu. Pak guru... pak guru...

selain ada rasa tak biasa di show ke 7 ini. Ternyata ada rasa sakit pula. Terutama bagi seluruh fans Praz Teguh. Pasti kalian udah nebak gue mau ngomong apa. ya emang benar, gue mau ngomong kalo Praz Teguh harus close mic dan itu berarti ia meninggalkan 8 temannya yang masih bertahan di panggung SUCI 4.

Semangat kanda, rendang dan jam gadang mu akan selalu kami ingat :))

SHOW 8
Tema ‘wanita’ ternyata merubah segalanya. Bagiku di show ke 8 ini semua komika tampil all out. Buktinya materi-materi mereka masih terngiang-ngiang nihdi kepala gue. Padahal udah  lama banget kan. waktu itu kan deket-deket sama hari kartini, sekarang? udah puasa lhoo tapi tetep aja masih nyantol. Yaa maklum namanya juga cinta. laff<3SUCI4

Oh iya, perlu gue informasiin gak gue nonton ini dimana. Perlu gak? Ah gue rasa sih enggak. Malu tuh diliat sama nyai nya david hehe. Karena kebetulan nyai kesayangan bang david itu datang ke balai kartini. Waaa salam kenal nyai :33

Sebenernya ada 2 komika yang menurut gue paling menggelitik di show ke 2 ini. 2D yaya Dodit dan David. Oke, ngupasnya mulai dari anak betawi ya, ga enak sama tuan rumah. Baik ya baik ya... asek asek joss.

David benar-benar memberi kejutan, ia membawa materi tentang nyai kebanggaannya. Ia juga menjuluki nyai nya itu sebagai cabe-cabe an senior. Dan parahnya, Raditya Dika juga memberikan julukan kepada sang nyai dengan sebutan pare-pare an. Jadi, yang bener cabe apa pare nih? Wkwk. Masya allah banggg-_-

Dodit berbicara dengan konteks yang lebih luas. pahlawan pembela kaum wanita, R.A Kartini menjadi topik pilihannya. Ada satu bit yang masih gue ingat sampe sekarang. Begini nih kira-kira isinya.

R.A Raden Ajeng adalah gelar bagi wanita bangsawan yang sudah menikah, R.A Raden Ayu adalah sebutan bagi wanita biasa yang belum menikah, R.A Ditya Dika adalah orang biasa yang belum menikah...

Seketika tawa penonton meledak. kemudian dilanjutkannya lagi.
Udah mas radit, ketawa aja. Bulu hidung mu tuh lo mas. Lepaskan gue radit, lepaskan aku radit...
Tawa penonton semakin menjadi-jadi. Baku ejek antara Radit dan Dodit pun tak dapat terhindarkan. Alhasil, Balai kartini benar-benar pecah kala itu.

Persaingan yang ketat membuat Arif harus mengakui kehebatan teman-temannya yang lain. Dengan kata lain, ia close mic . meninggalkan seluruh kenangan indah di panggung ini. ya, sakitnya tuh disini *pegang jantung*.
Pertahankan suara unyu mu bangg :’)))

SHOW 9
Show ke 9 ini spesial. Ya memang betul ini bertepatan dengan hari libur. Hari nyepi. tapi tahukah kamu, gue tetep nonton ini di rumah lho. Hebat khaaann? Ulala~

Bukan itu spesial nya. lebih dari itu. Mungkin bagi para komika yang masih bertahan, malam itu adalah malam terindah yang pernah mereka miliki. tak ada yang close mic malam itu. 7 finalis tetap bertahan seluruhnya. Ini semua berkat kebaikan para juri. Coki yang berada di posisi tidak aman terselamatkan malam itu.

Happy ending yang teripta adalah sinkronisasi dari opening yang tak kalah happy. Dengan irama senam yang menggoda, seluruh komika bergerak mengikuti gerak gesit Feni Rose. Juri yang malam itu berubah menjadi instruktur senam. Dan tema pada show ke 9 adalah ... SENAM ! tidak,tidak. Lalu?

OLAHRAGA , tetereteteeettt

Dari keseluruhan komika, olahraga versi dzahwin lah yang paling bisa menyita perhatian gue. Pasti kalian tahu deh. Klue nya olahraga ekstrem, pelakunya juga orang-orang ekstrem, ada lagunya pula yaa walaupun gak ekstrem sih.

Naik naik ke puncak gunung tinggi tinggi sekali ~

Selain ngaji dan khotbah, naik gunung emang udah jadi andalan Dzahwin. Fasih deh dia kalo bahas begituan. Kalo kate bang david, yang lain mah lewaaatt. Emang dasar anak pecinta alam. Aku bisa apa?!! uu~

SHOW 10
Putaran pertama show ke 10 ini dilakukan di tempat berbeda. Rumah gue? Bukan, bukan, itu sih tetep tempat gue nonton-___- sesuai dengan tema yaitu profesi/pekerjaan, putaran pertama ini dilakukan di tempat dimana pekerjaan melimpah ruah. Pekerja dimana-mana. Yaa dimana lagi kalo bukan PT.Lion Wings Indonesia. Dan serunya, para komika langsung terjun ke lapangan. Ber-stand up di depan para karyawannya. Waaa unforgettable moment.

Para karyawan yang berkesempatan menonton mereka secara langsung berhak memilih siapa komika yang dianggap paling lucu melalui kertas yang dimasukkan ke kotak masing-masing komika. Dan, yang menjadi idola para karyawan PT Lion Wings Indonesia adalah ...

DODIT  !!! ...

Kesombogan Dodit yang menyatakan ibunya wanita karir, karir di sawah wkwk. Ternyata mampu menjadikannya komika dengan nilai tertinggi di putaran pertama looh. oh iya, apa kabar atasan yang gak pake bawahan mas? Wkwkwk, materinya bener-bener menggelitik.

Dan, yang harus close mic di show ke 10 ini adalah ...  Coki !
à si pemilik tawa khas yang selalu ketawa apapun kondisinya.
Sabar ya mas, jangan berhenti ketawa mas, sebelum engkau di ketawakan. Let’s make laugh :))

SHOW 11
Selamat datang di show ke 11 dengan 6 komika terbaik Indonesia saat ini. semakin ketat persaingan para komika di panggung SUCI 4 ini. masing-masing dari mereka telah memiliki khas sebagai satu pembeda antara 1 komika dengan yang lain. Dan ini juga yang membuatku selalu merindukan SUCI 4 di setiap show nya. aduh SUCI sayangee ({})

Show ke 11 ini mengharuskan para komika untuk battle, saling me-riffing lawan battle nya. yang mana dari ke 6 komika dibagi menjadi 2 kelompok battle. 3 lawan 3 dongg. Beneerrr, walaupun tandingnya tetep head to head. Kepala ke kepala. Satu lawan satu !

Pembagian ini menurut kuasa sang komika favorit satu minggu silam. Siapa lagi kalau bukan Dodit. Dia lah yang merekayasa ini semua. dia, iya dia-__-

Liant vs David . ini battle ideal, chinese vs betawis !! etdaahh bujug busyett, ape lu katee !!!
Dzahwin Vs Abdurr . ini battle paling pecahhh. allahu akbar!!
Dodit Vs Dzahwin . selamat malam masyarakat ulala ~

Battle ini menjadikan kelompok liant dkk berada di posisi tidak aman. Ya, liant, .... dan .... . akan ada 1 diantara mereka yang bakal .... ah, kalian pasti tahu gue bakal ngomong apa.
Dan, yang close mic di show ke 11 ini adalah ...

LIANT !!!

Kak dokter unyu-unyu...
Kak dokter kaum minoritas yang berada di kawasan minoritas...
Kak dokter chinese...
Kak dokter buddhist...
Kak dokter balinese...
Salam buat mami papi kak Liant ya, kalo ada award orang tua komika paling sering nongol di SUCI, pasti papi mami kak Liant yang bakal menanggg, percaya deh.
Kak, kejar terus passionmu yaaa J dan terus cembuhin pasien Liant yang cakiiittt~
Om swasti astu...

SHOW 12
Wuiihhh 5 besarr !!! pasti udah gak sabar kan nonton penampilan 5 besar yang istimewa. Nonton david, abdur, doddd ...
Loh? loh?
Mana david nya? abdur abdur? Dzahwin? Hifdzi? Dodit? :’(((( oh tidaaaakkkk
Loh? Loh?
Kok malah ada si keling(baca:Yudha), Praz juga ada, Liant dateng lagi, Coki juga nongol tuh. Ini sebenernya apaaa!!! Kembalikan 5 besaaarrr. Wkwkwk

Udah deh gak usah drama. Ini show emang bukan untuk laskar 5 besar. Tetapi untuk mereka-mereka yang telah close mic terdahulu dan beruntung di panggil lagi ke panggung SUCI. Mereka ber 4 akan ditantang ber-stand up di depan jutaan pasang mata penggemar SUCI yang mungkin udah lama gak mereka rasain. Kabar gembiranya, salah satu dari mereka bakal nemenin 5 besar SUCI 4 di panggung ini lagi minggu depan. Waaa kerenn!!

Peristiwa yang baru ada di season 4 ini dinamakan... CALLBACK !! yeahh we’ll rock this stage again beibeehhhh.

Di opening, terjadi peristiwa yang cukup mengejutkan. Si anak pesantren pingsan. Yaa siapa lagi kalau bukan dzahwin. Eittss hentikan khawatir kalian. Percayalah, Dzahwin hanya pura-pura. Hal ini dilakukannya hanya demi seonggok surprise untuk om Indro dan mbak Arga Laras selaku produser SUCI 4 yang hari itu berulang tahun. hbd om J hbd mbak J tambah yang baik-baik yesss ;))

Yudha, Praz, Liant dan Coki tampil lagi. Yaa lumayan, sedikit mengobati kerinduan para fans. Mereka lucu-lucu. Bingung deh pilih yang mana. Gak mungkin kan semuanya gabung sama 5 besar. Kapan SUCI selesainya? Review ini makin panjang donggg :’(((

Seiring berjalannya putaran 1 dan 2 bagi para penyandang callback. Kini saatnya pengumuman. Siapakah yang akan mendampingi hifdzi dkk di babak 5 besarr?? Dan, jawabannya adalah...
PRAZ TEGUH ... yess komika asal padang yang pulang pada show ke 7 kini kembali lagi. Yaa menurutku Praz memang pantas. Gaya enerjik nya di atas panggung memang menjadi nilai + tersendiri baginya. Kau memang tangguh praz, se tangguh namamu. ITU TEGUH!! TEGUHH!!!-___-
Hmm kalimat terakhir. welcome to the SUCI ........ again praz. wkwk:D

SHOW 13
Selamat malam fashionista, baju apa yang kalian pake hari ini?
Salam dari Dodit membuka review show ke 13. Kenapa musti Dodit? Yaaa nanti kalian tahu sendiri laaahh

Malam itu balai kartini terlihat berbeda. Yang ada di atas panggung hanya ada orang tampan dan tampan sekali. Semua di make over. Baju mereka terbuat dari bahan super. Rambut mereka di modikasi tak kalah super. Pokoknya, 5 besar+Praz ini terlihat seperti artis-artis papan super. Salam super !!!

Ternyata make over yang mengubah penampilan para komika bak artis super ini tak berlaku bagi Abdur. Si Timur ini malah tampak seperti preman. Garang dan penuh hawa menyeramkan. Tapi, tetep mama sayange kan durrr? Nahh, Ini baru yang namanya preman super. Follback kakaaa :D
Penampilan yang paling cetar di show ke 13 ini adalah ... ah, ini orang langganan. Yaudah lah, ane objektif. Kaoo emang kompor gass bangg :D eh ke pasar minggu berape bang? Haha.
Lagi-lagi David membawa nyai ke atas panggung. Bukan, bukan berarti si nyai ikut megangin mic nya si David. Nyai tetep duduk imut di tribun. Nah, foto nya nih yang gak bisa nyantee. Nongol di layar noh.

Asli fotonya bikin ngakak. Coba deh lu bayangin, si nyai jadi modelnya victoria’s secret. Pake jilbab model betawi kek gitu. Lahh pertanyaannya victoria’s secret jualan pakaian dalam apa pare-parean? Haha, becanda nyaiii J tapi seru banget bit-bit nya bang David, sumpaahh :33
Sebenarnya banyak yang bisa dibahas di show ke 13 ini. salah satunya adalah vt bang Hifdzi sebelum tampil. Biasa sih sebenernya, tapi goyangannya yang gak biasa. Perutmu tuh lo baaanggg :’33 ulala~

Satu lagi foto yang ditunjukkan Praz Teguh saat dia tampil. Foto yang konon diambil beberapa tahun yang lalu itu tampak begitu horror. Poni polem khas anak muda jaman itu cukup membuat penonton terbahak-bahak. Karena memang, muka nya tertutup poni, luu pikir korden Praz. haha.
Dodit, entah kenapa di show ke 13 rasanya enggan nge review arek surabaya yang satu ini. karena gue tahu, malam itu, sad ending bagi Dodit. Bagi seluruh followersnya. Bagi seluruh dodit fans club. Bagi gue, bagi temen-temen gue. Dodit :’(((
Sebelumnya, gue mau flashback sekilas nih mengenai show ke 12. Show para penyandag callback. Gue inget banget apa kata-kata praz saat putaran kedua.
... kayaknya sebentar lagi dodit nih~blablabla~
Intinya, yang bakal keluar selanjutnya itu Dodit. Sumpah, yang ini parah. Kenapa kesampean? Kenapa terjadi? Kenapa harus dodit? Kenapa dodit close mic? Secepat ini? oh tidaaaakkk!!!
Langkahmu terhenti di 6 besar masL lalu, arti 5 besar sebelum ada komika callback apaaahhh?!!! Apaahhh?!!! Benar-benar diluar ekspektasi. fashion tak membawamu~ kembali disini~ jrenggg
Mas radit bilang, ada 2 macam stand up comedy. Yang satu memberi wawasan dan yang satu memberi tawa, menghibur. Dan saya pilih yang kedua – kata-kata yang terucap dari mas Dodit sesaat setelah close mic.
Selamat malam mas dodit, kumismu tak akan terganti. Percayalah J

SHOW 14
Yesss the big five. 5 besar yang sesungguhnya. 5 besar yang... tanpa Dodit di dalamnya:’((( . 5 besar yang... aku suka. Kalian suka gak sih sama akuuu hehehe *lohh

2 kali putaran di show ke 14 ini cukup seru dan menantang. Tema nya pun cukup menenangkan. Tema putaran pertama yaitu iklan dan putaran kedua bebas. Pas putaran pertama, bukan penampilan dari mereka yang gue ingat. Tapi vt vt dari mereka. Gokil gokil sumpaahh. Gue inget ada vt salah seorang komika yang ngiklanin beginian “nyot nyot di kenyot nyot” . ahh pokoknya macem-macem.

Di putaran kedua, para komika banting setir brutal-brutalan. Karena di bolehin pake media. Mereka berlomba-lomba nyari media yang cetar ulala~ . contohnya david, ia manfaatin video klip warkop DKI terdahulu yang lagunya tentang Jakarta. Dia bahas tuh per baris liriknya. Jadinya dah david banget laahhh. Komporrr gas bangg :D

Beda lagi dengan Abdur dan Hifdzi, mereka lebih memilih media si gitar mini yang dinamakan kentrung. Sama sih media nya, tapi tetep penampilan mereka beda kok. Tetap dengan ciri khas nya masing-masing. STOP TIPU-TIPU dan ulalaaa~  ah kompor gas kaoooo :D

Dan yang paling cetar adalah ... DZA...CTLY CONFIDENT ~ eittsss bukan bukan. Yang bener ntu Dzahwin, iya dzahwin. Penampilannya sih sama-sama kompor gas kayak yang lain. Yang bikin gakuat ituu... sarungnya. Iya, sarungnya. Media yang dia gunain itu sarung. Kurang santri gimana cobak!! Sudah, sholat dulu sanahhh!!! Wkwk. Dan hikmahnya, sekarang gue tau gimana caranya pake sarung. Thankkss bang #pesanMoral1

Dan yang langkahnya yang harus terhenti di show ke 14 ini adalah...
Ulalaaa~
Loh kok?
HIFDZI KHOIR beibeeehhh...
APAAA?!!!
Jangan tinggalkan aku kakaaaaa, uuu~ ajari aku bahasa ulala muuu~ :’(((((
Sudah sudah ada info nih. Gue nonton close mic nya hifdzi ini di rumah loh haha. Hoho? Penting gak seeehhh. plizzzz-___-

SHOW 15
Show ke 15 ini temanya... gue suka gue suka. Apa emang? yapp piala dunia. Iya, yang gak pernah didapet indonesia itu loh. Waaa kamu hebat (?) . itu tema putaran 1, putaran 2... bebasss. Let’s cekidott !!!

Dengan tema ini, fix gue tahu sekarang dari ke empat komika yang tersisa, yang paling gak terlalu suka sama bola, yaaa dzahwin. Heran deh sama ni anak. Giliran sarung aja hobi banget. Istighfar bangg :D

Lagi-lagi vt, vt mereka lucu-lucu. Yang pasti seluruhnya berhubungan dengan bola. Ada yang rebutan bola dengan cara yang freak banget, njaga gawang yang gak kalah freak, euforia nge golin yang masya allah gak banget, terus ada yang ngegolin ke gawang sendiri tapi seneng bukan main. Walah to bang, bang, pantesan Indonesia seret banget buat ikut Piala Dunia. (?)

Di putaran kedua, seru banget. Battle lagi, tapi lebih frontal. David sama Praz, Dzahwin sama Abdur. Eitts, itu kelompoknya. Kalau pembagian battle David vs Abdur , Praz vs Dzahwin. Sumpah seruuu~

Penampil pertama Praz, yaa dia ejek Dzahwin habis-habisan. Dari mulai salamnya yang gak ceta sampai kebiasaan-kebiasaan Dzahwin yang di luar batas. Oke, battle di terima.

Dzahwin sebagai penampil kedua membalas semua ejekan Praz yang dilimpahkan padanya. Satu panggilan untuk Praz yang tercetus olehnya, Anak Callback ! walahh yang ini kejaaamm~. Tak cukup mengejek Praz, ia juga mengejek David. Selain itu, Abdur yang sebenarnya temen satu kelompoknya juga kena sasaran ejeknya. Komodo Jablai, kalo itu panggilan sayangnya untuk Abdur sayangeee~

Selanjutnya, Abdur yang giliran mendapat kesempatan mengejek David. Baru sebentar ia puaskan diri mengejek David, Dzahwin jadi sasaran ejeknya. Banyak hal, terutama kejelekan Dzahwin yang ia paparkan ke atas panggung. Inget bang, itu kawan kaoo wkwk. Ursulaaa ursulaaa~

Penampil terakhir adalah David. Ia menjadi penutup yang istimewa. Menjadi pamungkas pewakil segalanya. Ketiga komika sebelumnya jadi sasaran ejeknya. Terutama Abdur, tentu saja. oh iya, ada ejekan untuk Dzahwin yang cukup heboh di twitter beberapa waktu silam lho. Ya kalian pasti tahu, tentang klub bola. Kenapa? Ah, tonton saja di youtube. Ok?

finally, ucapkan selamat tinggal yang kedua kalinya untuk Praz. Dia close mic (lagi) malam itu. yaa lumayan lah Praz, nyampe 4 besar. 4 besaaarrr PRAZZ !!!
kau close mic dan callback sesuka hatimu~ karangan Praz sendiri loh nih.

SHOW 16
Pra Final !!! selangkah lagi menuju grand final... inilah show yang paling menegangkan di SUCI 4... kala itu. david / abdur / dzahwin? Gue pilih yang mana nih. Suka tiga-tiganyaa :’)))

David àtukang ojek yang cinta mati ama nyainya. Anak betawi ini juga peduli lhoo sama tanah jakarta, termasuk budaya dan sejarahnya. Pokonya paket lengkap. Salut deh !!
Abdur à anak rantau dari Timur yang jauh-jauh ke Malang buat menuntut ilmu dan gelar sarjana. Kepekaannya terhadap kehidupan sosial terutama bagi masyarakat timur menjadikan komika ini gemar menyuarakan suara-suara kaumnya. Coblos bang abdurrr!!
Dzahwin à pendaki gunung yang hobi naik gunung(yaiyalah!) sayang banget sama ummi nya. Anak pesantren, hafal sejarah nabi dan Rasul. Sarung lovers, pendakwah yang dahsyat. Allahu akbar!!

Tentukan pilihanmu sekarang !!! lo pikir lelang wkwk

Show ke 16 ini adalah show paling membahagiakan sepanjang sejarah. close mic saja diganjar 1 buah motor. Hebat kan? baru di SUCI 4 lhoojuara 3 dapet hadiah. Sebelumnya mah, kagak!!!
tema show penuh kebahagiaan ini adalah showbiz dan kesehatan.

Putaran pertama, Abdur membawakan materi tentang sulitnya kehidupan di Timur dalam hal mencari hiburan. TV disana sangat langka. Selain itu, ia juga menceritakan betapa populernya lagu ‘januari’ milik Glen Fredly di kampungnya. Sampai-sampai orang meninggal di nyanyiin lagu itu, putus nunggu pas januari. Ah, gokil banget deh. Oh iya, ada papa nya Abdur nih di balai kartini. Pakabar om? hehe.

Kalau Dzahwin, lebih mengulas tentang film. 5 cm menjadi film pilihannya. lagi-lagi gak jauh dari naik gunung bang-__- . David, materinya gak jauh-jauh dari Jakarta. Showbiz ala Jakarta. Ah, abang...

Di putaran kedua, dengan tema kesehatan Abdur mulai menampakkan garangnya. Ia membuka wawasan kita mengenai betapa sulitnya melahirkan di Timur. Betapa menderitanya ibu melahirkan disana. Harus naik perahu lah, harus gini lah, gitu lah, beda banget kondisinya sama Jawa. Abdur bener-bener mutiara timur. Bangga deh punya idola intelek macam dia. Terharu nih bang :’(((

Dzahwin berbicara tentang sebuah penyakit. Penyakit hati yang hanya istighfar obatnya. Penyakit setan, katanya. Yaa apalagi kalo bukan ria. Dan yang paling gue inget adalah hadist yang dibacakannya. Gue jadi semakin ragu, ini stand up apa pemilihan dai ya? Oke fix, Berani tampil beda itu perlu kok bang B-))

Dan, yang didaulat sebagai juara 3 SUCI 4 serta membawa 1 buah sepeda motor adalah ...
Standing applause for ... DZAHWIN .

Selamat ya bang J , close mic kok selamat?-___-
Assalamu alaikum apa kabar semua @#7sjub%$^dwxj/;./[;’ baik baik ya baik yaaa... asek-asek joss – salam keceriaan versi Dzahwin J

SHOW 17 - GRAND FINAL – CAN’T WAIT !!!!
Gue bingung ngupas ini dari mana. Masih anget nih di otak gue satu per satu kejadian selama Grand Final SUCI 4 yang ulala ini. one by one okee. Dan gue seneng looh, ini bagian terakhir review ini. yey siap-siap go KOMPAS deh nih naskah. Apapun hasilnya, senyumin aja deh J
Nyeritain yang punya hajat dulu ya. Siapa lagi kalau bukan grand finalis nya, ABDUR dan DAVID. Gak bakal habis bahan nih buat nyeritain mereka. Semua punya khas. Semua punya karakter. Semua lucu. Mereka lah komika terbaik Indonesia saat ini.

Bagi para grand finalis, inilah malam yang cukup melelahkan. Dimana masing-masing mereka harus tampil dalam 3 putaran yang durasi setiap putarannya adalah 6 menit. Dengan tema keresahan mengenai ‘Jakarta’ , ‘Politik’ dan ‘Juara’ . waahhh udah gak sabar nih bahas penampilan kalian bangg :’))

Assalamu alaikum *kaki menghentak dan tangan ala abang Jakarta
Dilihat dari salamnya, Pasti semua tahu siapa komika yang akan di omongin pertama. Yapp David. Si pemilik nama British, muka Chinese dan bahasa Betawis ini sengaja gue jadiin yang pertama. Karena apa? yaa karena pas grand final dia tampilnya yang pertama wkwk.

Tema ‘Jakarta’ buat bang David emang di luar kepala daahh. Tema apapun aja tetep dia selipin tuh mbahas bit tentang tanah kelahirannya. Apalagi ini pure mbahas Jakarta, yaudah panggung ini milik lo Vid :D ulang tahun Jakarta, PRJ(Pekan Raya Jakarta) jadi materi pilihannya malam itu. Dan, especially hadir ‘Kojek’ sang rapper betawi yang turut memeriahkan penampilan David. Dengan apik, mereka menyanyikan lagu ‘Enjoy Jakarte’ . Untung aja bukan ondel-ondel yang dateng, mau jadi apa panggung SUCI????

Yok kite semua ke jakarte ~...– begitulah cuplikannya

Tema ‘politik’ membuat nyai nya di seret lagi dalam penampilannya. Gue inget nih katanya,
Nyai gue ini kena black campaign dari mantan pacarnya...
Bang? Plizzzz :-!

Terus materi beralih ke debat capres cawapres, Ormas, dan akhirnya ke bit yang paling gue suka. Saat dia seakan-akan menjadi anggota ormas yang sendirian berkeluyur di tempat yang “rapopo” . ah, kurasa kalian faham. Disana dia memilih satu, dan seett adegan dimulai...

“bang kita mulai dari mana nih?” tanya si cewek
Waduhhh*batinnya. “eneng muslim?” tanya bang David
“iya bang”
“yaudah kita mulai dari surat al isra’ ayat 32”
*bang david ngebacain, si cewek lari*
“mau ke mana neng?”
“ambil mukena”-________-

Hahahaha kalau kalian liat, pasti ngakak dahh. Gue aja sampe sekarang masih belum bisa move on ngetawain itu. bang David, bang David.... gue gak bisa gak gemes sama kamu bang:*

Tema ketiga mengenai keresahannya tentang juara. Dia nyeritain gimana sulitnya nyari materi buat grand final ini. Dihadirkan pula lenong yang semakin menambah seru penampilannya. Duh bang, ada ada ajaa. Haha

Next, Abdur. Assalamu alaikum asek asek ... tanpa joss!!!
Ngomongin soal Jakarta yang paling gue inget dari Abdur adalah Jakarta di masa depan yang saking sesaknya sampe-sampe kita keluar kamar udah langsung masuk kamar orang. Terus tentang flying fox yang dijadikannya kendaraan dari Jakarta ke Surabaya. Yang mana ketika kita naik itu, tak lama kemudian ada orang yang menyusul kita sambil berkata “Mijon Mijon Mijon” .

Di putaran kedua, ia menyajikan penampilan yang spektakuler. Rima kapal tua sebagai perumpaan bangsa Indonesia berhasil membuat siapapun yang mendengarnya merinding. Pokoknya materi ini istimewa, tak ada duanya. Satu lagi yang bikin penampilannya tak terlupakan. Yaitu tentang kelahiran pulau-pulau ibu per. Ibu peri? Bukan, bukan, itu adalah nama singkat dari ibu pertiwi. Ibu pertiwi sayangee~

Alkisah dimana ibu pertiwi itu sedang melahirkan. Bukan anak, bukan cicak, tetapi pulau yang keluar dari rahimnya. Sakti bener dah tuuu. Pertama, keluar Sumatera, dilanjut Jawa, Kalimantan dan disaat mau menuju ke Indonesia Timur lampu tempat ibu per melahirkan mati. Nasib kaooo durr. Geli banget waktu Abdur nyampein materi ini wkwk

Dan, satu kata tertinggal dari putaran keduanya.
Piye kabare? iseh penak jamanku to?Iya keleeuussss – logatnya bikin gakuuuaaaatttt :D

Keresahan Juara bagi Abdur dinilai sangat meresahkan. Ia menceritakan keluarganya yang pada saat itu datang seluruhnya diikuti rombongan 4 bis, hehe katanyaa. Dari mulai papa, adik, mama sayangee, dan pegawai kelurahan pun turut datang. Selain itu, pacar Raditya Dika pun turut menjadi sasaran bit nya. Dan puncak dari penampilanya adalah video tersesat di hutan dimana dia dalam keadaan seperti komodo jablai. Haha ursula ursula~

Selain para grand finalis yang unjuk kebolehan. Comedy Buddy yang biasanya di belakang layar kini unjuk gigi juga looh. Comedy Buddy yang terdiri dari Gilang Bhaskara, Arief Didu dan Sam D Putra merupakan mentor bagi para komika Stand Up Comedy season 4 ini. Waaa komika-komika hebat ternyata lahir dari tangan mereka. Hebatt!!

Selain mereka, tampil pula komika dari SUCI 4 itu sendiri. Yudha Keling, Yudith, Beni, Praz, Dodit dan Arif yang berkesempatan ber-stand up di Balai Kartini malam itu. tentu dari mereka, satu komika yang paling ge ingat. Yaaa DODIT !!! lumayanlah mas, rindu followersmu sedikit terobati.
Membuka penampilan, Dodit memainkan biola disertai menyanyi untuk Feni Rose. Entah gue nggak faham tuh lagu. Pokoknya setelah lagu itu selesai, dia menyanyi lagi. Kalo yang ini gue faham.
Bukit golf mediterania~~ - begitulah kira-kiranya hahaha
Yang dia omongin adalah ... Followers. Ya, intinya sih sebenernya cuma satu, followers nya banyak. Bahkan melebihi grand finalis SUCI 4 maupun SUCI terdahulu. Followersnya itu mencapai ... 176.4 KA !!! K nya bikin gakuat sumpah. Lebar banget tuh mulut wkwk.
Para host juga gak mau kalah, Panji dan Uus sempat di buat ter-what what saat mereka dituntut untuk ber-stand up. Malam itu, Uus menjelma menjadi seorang pria Britania. Ia ber-stand up dengan bahasa inggris yang ... begitulah.
(paman datang) Yesterday My Uncle’s coming~
my Uncle’s coming from village – uus? Ini apahh!! :’((

tak lupa pula satu komika yang sangat menginspirasi di daatangkan ke panggung SUCI. Adityanta Dhana komika asal Malang yang ikut audisi SUCI 4 tetapi langkahnya harus terhenti saat itu juga. Apa spesial darinya? Ia komika yang pantang menyerah. Walaupun memiliki kekurangan fisik, tetapi ia tetap bisa membuktikan bahwa ia bisa. Ahh, kamu :’((

Sebelum pengumuman, seluruh punggawa SUCI 4 dihadirkan. Mereka terpisah menjadi 2 kubu. Yaitu kubu pecinta nyai dan ursula mania, dengan kata lain pendukung David dan Abdur.Hm, kalo gue disana, gue masuk kubu mana yaaa-__- oh ya, selamat juga buat Hifdzi Khoir yang mendapat gelar ‘komika sahabat’. Kau memang sahabat kami semua bangg :33

Inilah saat yang di nanti-nanti. PENGUMUMAN !!!

Masih anget nih di telinga gue saat panji ngumumin ini. Dan disaat bersamaan pula, tepuk tangan melimpah ruah. Mata-mata tumpah air mata kebahagian. Parang-parang beterbangan. Dan ...
JUARA STAND UP COMEDY SEASON 4 ADALAH ... BERIKAN SELAMAT KEPADA DAVID NURBIANTO  !!!

Tanggal 26 Juni 2014(tayangannya di TV sih) adalah saksi lahirnya sang juara baru, disini, di bali kartini, sekali lagi ucapkan selamat kepada DAVID NURBIANTO. Let’s Make Laugh LOVE !!

Finally, David mendapat 50 Juta + 1 buah sepeda motor
Abdur mendapat 25 Juta Rupiah + 1 buah sepeda motor


Buat Abdur, STOP TIPU-TIPU dan terus jadi komika yang cerdas dan mencerdaskan ya bangg :’)) materi-materi mu akan selalu kami kenang J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar