Senin, 20 Juli 2015

ANDAI SAJA ....

Andai saja...

Berandai-andai yuk gaess. Ini masih seputar jurusan gaes. Aku dan teknik lingkungan. Mau tahu? Check it out!

Andai saja..... (sekedar opini. Semoga menginspirasi)

1.       Aku jadi memilih jurusan Psikologi.
Asik sih. Gokil. Aku seneng banget sama ilmu yang satu ini. bikin adem, bisa dipikir sambil ngayal lagi. Kan seruu, gue banget vroh :3
Tapi aku pertimbangin lagi. Pertama ke cita-cita, jadi penulis, okelah masih nyambung. Ke hobi, oke banget. aku suka segala hal yang berhubungan dengan kepribadian walaupun sifatnya masih berorientasi ke diri sendiri sih, yaiyalah introvert juga akunya.
Mau fix, godaan datang. psikologi itu ilmu sosial. Ya walaupun beberapa universitas memasukkan ini ke deretan jurusan eksak sih. Tapi orientasiku waktu itu ke Undip, masuknya sosial kan ya? Bukan masalah apa-apa, kenapa gak jadi? Karna aku tahu diri. Aku gak bisa ngomong coy! Gabisa! Mending aku suruh nulis 10 lembar dalam waktu 3 menit daripada pidato 3 menit. Sumpah aku nyerah. Karena masalah klise pun jurusan ini dipaksa disimpan dalam hati paling dalam. Jujur, aku masih cinta. Mungkin sampai aku dapat jurusan baru pun ilmu ini tetep ada di no 1 deretan ilmu paling mengagumkan yang pernah aku kagumi. Mencintai tak harus memiliki bukan?

2.       SNMPTN ku memilih ITB –Meteorologi.
Diperumpain lolos aja ya. Biar seneng. Selain itu biar gampang juga berandai-andainya. Ya kalo berandai-andainya yang jelek, Sedih kalik ah.
Gak tau dapet ilham,wangsit darimana disaat ‘memilih jurusan’ jadi trending topik di sekolah maupun dikelas, jurusan ini yang paling besar kans nya untuk kujadikan pilihan. Padahal? Aku tak mengenal ini sebelumnya. Mungkin ini yang dinamakan love at first think. Wow benarkah?
Kalau aku lolos, mungkin galauku melebihi saat ini. oke, ITB nya keren sekaleee. Jurusannya? Apa ada yang tahu? Hiks hiks aku sedih. Belum lagi kalau ada yang tanya, “mengko kerjone neng ndi?” aku harus jawab apa? kerja di warteg? Jadi komika? Yahh ntar mereka siriknya tambah menjadi-jadi dong.
Kenapa aku batal memilih ini? Banyak pertimbangan. Terganjal restu orang tua. Tahu diri. Dapat artikel ‘rapopo’ tentang ini sing.... pokoke rapopo. pokoknya cintaku hanya bertahan beberapa bulan saja. its enough, im sorry goodbye~~

3.       Daftar AMG – test – Ketrima
Mungkin sekarang aku tak bisa bersenang-senang. Menjadi taruna bagiku sungguh menakutkan. Aku ingin 4 tahun kedepan bahagia, dah itu aja cukup. Masalah kerja, dipikir mengko. Masalah kuliah gratis, akeh jalan menuju sarjana. Ikatan dinas, rak pateo silau sepertinya. Masalah, masalah, berbagai macam masalah pasti ada jalan keluarnya. Dan sepertinya tempat ini bukan penyelesaian. Ah yasudahlah~
(AMG – Akademi Meteorologi Geofisika)

4.       Ketrima Polines – T.Informatika.
Milih paling nggasruh. Asal milih. Awam komputer masbroooo. Untung ga diterima yato, nek ketrima mumet mesti. Mbayare larang sisan. Walaupun gak dapat dipungkiri, jurusannya keren. Meyakinkan juga. Dan satu lagi alasanku, DIDOT! Siapa itu? kapan-kapan aku ceritakan. Ah, apalah arti jurusan cantik menggelitik kalo kita tak punya hasrat menguasainya? Sia sia yato? Mendingan.... yang sedang sedang saja~~

5.       T.Elektro Undip.
Sebenarnya banyak sebab mengapa aku memilih ini, hampir fix dan mendadak tak ganti. Tapi semuanya terlalu pribadi, maaf ya, cukup aku aja yang tahu. Takut mengrapopoi pihak pihak yang terpopoi(?)
Salah satunya, kurikulumnya. Loh kok aku tahu? Browsing atuh. Ngeri ngerong. Fisika kentel. Aku nyerah. Terus aku berpikir gini, ya mungkin aku bisa aja ‘diterima’ disini. Ngikutin sih mungkin bisa. tapi elektro kan biasanya yang ahli para cowok. Yakin bisa jadi ‘master’ disini? Nek aku sih no!If you know what i mean aja lah~
Mending jadi ikan besar di kolam kecil daripada ikan kecil di samudera paling besar sekalipun yato? Bagiku T.elektro Undip khususnya dan semua univ umumnya bagaikan kolam yang terlalu besar untuk ikan kecil sepertiku :)

6.       T.arsitektur / designer.
Aku memang suka gambar. Tapi aku sangat yakin jalanku bukan disini.
T.arsitektur : gambarnya garis-garis, sedangkan gambarku meliuk-liuk. Pake ukuran yang pas, gambar ya gambar aja yang penting happy. Buat gambar bangunan, perspektif, dll, kalo aku mah sukanya buat bunga dikasih garis kanan kiri dikasih daun-daun sama bentuk bentuk gaje. Jelas! Kita berbeda kita tak sama^^
Designer : sempat dipikirkan. Tapi, aku tak terlalu pede. Iyalah, coba bandingkan gambarku dengan gambar igun. Bagaikan bumi dengan....surga, beda! Kucukupkan ini sebagai hobi. Jika suatu saat nanti aku punya banyak dana(amiin!), gak menutup kemungkinan aku mau menekuni hobi yang satu ini. tapi aku gak janji. Kalau aku dah jadi penulis sukses, ya mending nulis aja. Life is a choice gan! (omongan sombong, rasah digagas!)

7.       Mimpiin seseorang untuk dijadiin acuan.
Sebenarnya ini adalah petunjuk yang aku harapkan. Tentu dengan ijin Allah. Tentu dengan berdoa dahulu sebelum tidur agar mendapat petunjuk ini. tapi ternyata sampai sekarang Allah belum mengijinkan. Tetap tidak ada mimpi yang kurasa sebagai petunjuk dikirim di mimpiku.
FYI aja nih, dulu waktu pendaftaran SMA, petunjuk ini yang benar-benar kujadiin acuan. Waktu itu aku bermimpi naik angkot dan didalamnya ada tetanggaku anak SMA 3 sebut saja namanya frozen, yes elsa frozen. Dan itupun yang kujadikan dasar untuk mendaftar di SMA adidaya sejawa tengah itu. petunjuk tersebut ternyata ada versi nyatanya, beberapa hari setelah itu aku bertemu anak SMA 3 diangkot, dia cowok, bukan mbak frozen seperti yang ada di mimpiku. Tapi bagiku tep berhubungan ah.
Dan alhasil, SMA 3 menolakku. Mungkinkah ini petunjuk yang salah? Tentu tidak. Nek aku rak ndaftar smaga rak mungkin diterima neng smanda yato?
Pesan moral : Allah tidak tidur sejatinya semua telah diatur.
Tapi aku bersyukur juga aku tak memimpikan seseorang dalam pemilihan jurusan ini. ya kalo yang dimimpi mas anjas, mbak fidhoh, mbak trang gitu masih bisa dijabanin. Kalo yang muncul pak habibie, maudy ayunda, merry riana, andrea hirata, dijamin bingung pasti. Berat di ongkos buukk, otaknya mbohmbohan pula. Tahu diri tingkat dewa ini mah.

8.       Gagal SNMPTN.
Depresi. Kenapa? Uang buat les snmptn dah abis. Ini sebenernya aib. Kenakalanku bos. Entah terlalu yakin entah kepepet, uang buat les sbm iso isone diludeske sebelum waktunya. Astaghfirullah tobat nak!
Sebelum pengumuman snm aku pernah ngomong gini à kalo SBM aku mau ngejar passion ah. Toh ndaftar mana aja soalnya sama, mending yang ngerong sisan kan? (purapurane nggaya. Sok tau padahal ngahngoh)
Passionku apa? ada deh. Cukup aku dan panitia sbm yang tahu.
Aku benar-benar gak bisa mbayangin jika ini beneran terjadi. Aku gagal SNM dan harus SBM. Apa yang harus tak lakuin jal? Yakin meh mempertahanin passion? Nonton passing grade aja nyap nyapan, meh sok sokan ngejar passion. Makane mbak neng ngomong ki dipikir wkwk.
Allah maha pengasih lagi penyayang. Ini buktinya.

9.       Ketrima T.Lingkungan Undip.
Gausah berandai-andai, kesampaian kok. Alhamdulillah.
Gimana perasaannya?
Galau.
Kok bisa?
Simpel sih, karena omongan orang-orang.
Kamu tanggepin?
Sebenernya ogah, tapi kepikiran.
Terus apa yang kamu lakuin?
doain mereka supaya anak keturunan mereka bisa memperoleh pendidikan setinggi langit di univ dan jurusan yang terbaik. Aku tahu jurusan ini terlalu hina untuk mereka :0
kamu baik banget sih?
Kamu percaya aku ngelakuin itu?
Enggak.
Nah tu tahu.
Kenapa sih kamu milih jurusan ini?
Karena aku mencintaimu.
Eh serius?
Bener kok, karena aku mencintaimu, indonesiaku.
Yah kirain buat aku beneran?
Iya kamu juga :*
Btw cita cita kamu apa sih?
Jadi penulis.
Penulis buku tentang lingkungan ya?
Bukan. Penulis novel tentang anak yang dibully karena jurusannya.
Duh jadi sedih. Hiks:’(


Aku punya jurusanyang sekarang, bukan karena aku kepepet. Bukan karena aku terpaksa. Aku beneran cinta dan aku sudah memikirkannya sangat sangat matang sekali. Didukung atau tidak? Kui masalah upil. Rak penting. Doakan aku istiqomah dan bisa menjaga amanah ini sampai akhir. Ini takdir Allah. Aku yakin Ia punya rencana yang dahsyat. Mungkin ini salah satu cara agar mentalku ditempa supaya esok bisa jadi orang yang dahsyat. Kuat sampai akhir yoo! :’)) semangat!



kayak gini? gak lagi tuuhh :p


Tidak ada komentar:

Posting Komentar